Project Description

Butuh konsultasi seputar pelumas? hub : 087-883-400-500

Get a free quote

Grease, Minyak lumas gemuk

Grease atau gemuk merupakan tidak benar satu model pelumas yang biasa di pakai oleh pabrik industri untuk melumasi komponen – komponen pada beberapa komponen mesin produksi yang bergerak maupun berputar.

Mengapa beberapa komponen mesin produksi tersebut perlu sebuah pelumas ?

Pelumas adalah tidak benar satu zat yang berfungsi sebagai film oli di antara dua benda atau komponen mesin yang bergerak atau bergesekan sehingga tidak berlangsung gesekan secara segera antara dua benda tersebut sehingga tidak berlangsung keausan dan tidak berlangsung panas akibat gesekan.

Grease atau gemuk adalah juga model pelumas yang banyak di pakai gara-gara grease terbuat dari beberapa zat seperti :

1) Base Oli
Base Oli atau oli dasar merupakan tidak benar satu komponen grease atau gemuk yang terbuat dari bahan petroleum, bahan nabati atau hewani dan bahan sintetis.

2) Additive.
Additive atau zat penambah merupakan tidak benar satu komponen di didalam pembuatan grease atau gemuk yang terbuat dari beberapa zat seperti anti foam, anti wear, detergent, extreme pressure, metal deactivators, water repellants, dan lain – lainnya.

3) Thickener.
Thickener atau Zat Penebal merupakan komponen di didalam grease atau gemuk yang terbuat dari unsur soap atau sabun seperti sodium, calcium, alumunium dan unsur yang terbuat bukan dari abun seperti carbon black, polyethylene, polyurea, dan lain – lainnnya.

4)Filler.
Filler atau unsur pengisi merupakan tidak benar satu komponen di didalam grease atau gemuk yang terbuat dari bahan – bahan seperti nylon, PTFE, Graphite, dan lain – lainnya.

Sedangkan aplikasi penggunaan grease atau gemuk pada mesin produksi di pabrik industri pada area area terbuka adalah sebagai tersebut :

a) Pillow Block.

Pilow Block merupakan tidak benar satu komponen mesin produksi yang perlu pelumasan grease, gara-gara di didalam pillow block tersebut terkandung komponen yang bernama ball bearing.
Pillow block adalah tidak benar satu part mesin produksi yang berfungsi sebagai tumpuan berputarnya shaft benda kerja.

Adapun kegunaan grease pada pillow block adalah sebagai tersebut :

Untuk melumasi perputaran ball bearing unit yang terkandung di didalam body pillow block yang menumpu pada shaft tumpuan benda kerja sehingga tidak berlangsung keausan pada ball bearing unit.
Untuk mendinginkan proses kerja pada perputaran ball bearing unit di didalam pillow block sehingga tidak berlangsung over heat atau panas pada pillow block unit.

b) Kopling model swiple joint.

Kopling Adalah tidak benar satu part dari mesin produksi yang berfungsi sebagai penghubung atau penyambung putaran dari gear box bersama benda kerja.

Adapun kegunaan grease pada kopling model swiple adalah sebagai tersebut :
Untuk melumasi segi – segi shaft kopling yang bergesekan sehingga tidak berlangsung keausan.
Untuk melumasi ball bearing pada kopling sehingga tidak berlangsung kerusakan pada proses kopling.

c) Bearing.

Bearing merupakan ball unit yang udah tersusun di didalam kronologis body bearing yang tertutup rapat oleh cover bearing.

Bearing membawa kegunaan yang hampir sama bersama pillow block, tapi membawa perbedaan dari aspek beban tumpuan dan dari aspek wujud secara fisik.

Ball bearing yang berada di didalam bearing tersebut juga perlu sebuah pelumasan berwujud grease atau gemuk seperti halnya sebuah pillow block, hanya saja kalau pillow block sanggup di melaksanakan tiap-tiap sementara untuk menaikkan grease melalui neple grease oleh alat grease gun.

Sedangkan bearing tidak sanggup di tambahkan grease tiap-tiap sementara gara-gara bearing udah tercover rapat dan tidak ada jalur grease yang sanggup di salurkan.

Dengan melihat keadaan tersebut maka pabrikan bearing meyakinkan bahwa ball bearing yang berada di didalam bearing unit udah terkemas jadi satu bersama grease.

Adapun contoh aplikasi benda kerja atau komponen mesin di pabrik industri yang pakai grease sebagai pelumas di area tertutup ( di didalam box atau cover ) adalah sebagai tersebut :

a) Cyclo drive.

Cyclo drive adalah tidak benar satu komponen mesin di pabrik industri yang berfungsi untuk pengaruhi putaran dari motor drive ( putaran tinggi ) jadi putaran benda kerja ( putaran rendah )berdasarkan jumlah rasio yang di butuhkan.

Ada model cyclo drive yang pakai pelumas bersama model oli dan ada pula bersama model grease bergantung keadaan keperluan pemakaian.

Adapun kegunaan pelumas baik oli maupun grease pada cyclo drive adalah sebagai tersebut :
Sebagai film oil pada part – part yang berada di didalam cyclo drive seperti bushing roller, roller atau bearing, shaft drive dan lainnya sehingga tidak berlangsung gesekkan secara segera antar permukaan komponen tersebut, sehingga tidak berlangsung keausan pada komponen cyclo drive.
Sebagai pendingin bagi seluruh komponen cyclo drive tersebut pada sementara berputar sehingga tidak berlangsung panas yang menyebabkan komponen tersebut macet atau rusak.

b) Chain Kopling, SF kopling, Gear Kopling.

Kopling Adalah tidak benar satu part dari mesin produksi yang berfungsi sebagai penghubung atau penyambung putaran dari gear box bersama benda kerja.

Adapun kegunaan grease pada kopling model ini adalah sebagai tersebut :

– Untuk melumasi permukaan gear atau gigi kopling yang saling bergesekan atau bersinggungan sehingga tidak berlangsung keausan.
– Untuk melumasi ball bearing chain pada sementara bersentuhan bersama sprocket.
– Untuk melumasi spring kopling sehingga tidak patah pada sementara bersinggungan bersama gigi kopling.

Project Details

DATE

January 18th, 2016

CLIENT

Client Company Name

PROJECT TYPE

Commercial

CONTRACTOR

ThemeFusion Company

Project Gallery

logo shell

Get A Quote Today

At vero eos et accusamus et iusto odio dignissimos ducimus qui blanditiis praesentium voluptatum deleniti atque corrupti quos dolores et quas.

    NAMA ANDA *
    NAMA LENGKAP *
    ALAMAT EMAIL *
    NOMOR TELEPON

    ANDA BUTUH APA?

    SEBUTKAN PERMINTAAN OLI ANDA?